Tiga Pelajaran Mulia
عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: عِظْنِي وَأَوْجِزْ، فَقَالَ: ” إِذَا قُمْتَ فِي صَلَاتِكَ فَصَلِّ صَلَاةَ مُوَدِّعٍ، وَلَا تَكَلَّمْ بِكَلَامٍ تَعْتَذِرُ مِنْهُ غَدًا، وَاجْمَعِ الْإِيَاسَ مِمَّا فِي يَدَيِ النَّاسِ
Dari Abu Ayyub dia berkata, “Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallahu ‘alaihi wasallam seraya berkata, “Wahai Rasulullah, ajarkanlah kepadaku (ilmu) yang singkat padat.” Beliau bersabda, “Apabila kamu hendak mendirikan shalat maka shalatlah seperti shalatnya orang yang hendak berpisah. Janganlah kamu mengatakan suatu perkataan yang akan kamu sesali. Berputusasalah dari apa yang dimiliki manusia.” (HR. Ibnu Majah, dihasankan Al-Albaniy)
Allah mengutus Rasulullah sebagai seorang muallim guru. Beliau bersabda, Dan sesungguhnya aku diutus sebagai seorang guru.” (HR. Ibnu Majah)
Beliau menunaikan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya sebagaimana sahabat Muawiyah bin Al-Hakam berkata, “Aku belum pernah bertemu dengan seorang pendidik yang lebih baik pengajarannya daripada beliau…” (HR. Muslim)
Allah memberikan jawami’ul kalim (perkataan yang singkat tapi padat maknanya) kapada Rasulullah, sehingga kalimatnya ringkas dan mudah dihafal. Ketika ada laki-laki yang datang kepada Nabi dan meminta diajarkan ilmu yang singkat dan padat, Rasulullah memberikan tiga wasiat kepadanya.
Wasiat pertama: Shalatlah sebagaimana orang yang mau berpisah.
Orang yang hendak berpisah, meninggalkan satu tempat menuju tempat yang lain, akan membawa sesuatu yang bermanfaat untuk bekal perjalanannya dan tentunya meninggalkan kebaikan kepada siapa saja yang ditinggalinya.
Bila kita tahu seandainya shalat kita adalah yang terakhir dan setelah itu kita mati, tentu kita akan membaguskan shalat tersebut. Kita akan berusaha untuk khusyu’ dan berharap shalat kita diterima oleh Allah. Khusyu’ ketika rukuk, tunduk dan menghina ketika sujud, serta tidak tergesa-gesa dalam shalat.
Rasulullah menjadikan shalat sebagai qurratu ‘aini. Sebagaimana sabdanya, “Dan dijadikan penyejuk mata hatiku dalam shalat.” (HR. Ahmad dan Nasa’i)
Rasulullah bersabda, “Wahai Bilal, (kumandangkan iqamah) untuk shalat. Dan buatlah kami istirahat dengannya.”
Bagi seorang mukmin shalat adalah istirahat dari kepenatan, kesusahan dan kesempitan dunia, menuju keluasan, kenyamanan dan kelapangan.
Ia akan hidup dalam setiap detik yang dilalui dalam shalatnya, menghayati setiap doa yang dibaca dan ayat yang didengar, merinding kulitnya ikut merasakan getaran iman. Bersegera kepada kebaikan dan takut serta lari dari tindak keji dan kemungkaran.
Jika bagus shalat kita maka kebahagiaan dan keselamatan yang didapat. Rasulullah bersabda, “Yang pertama kali dihisab dihitung) dari perbuatan seorang hamba pada hari kiamat adalah shalat; jika shalatnya baik maka dia beruntung dan selamat, dan jika shalatnya rusak maka dia merugi. Apabila ada sesuatu yang kurang dari shalat wajibnya, Allah berfirman; maka lihatlah apakah hamba-Ku mempunyai shalat sunnah?” lalu kekurangannya dalam shalat fardhu disempurnakan dengannya. Kemudian semua amalan ibadahnya juga seperti itu.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Nasai)
Wasiat Kedua: Jagalah lisan dan jangan mengatakan perkataan yang menyesatkan.
Sebagaimana perkataan orang kafir, “Allah yang Maha pemurah mempunyai anak.”
Sesungguhnya kalian telah mendatangkan suatu perkara yang sangat mungkar. Hampir-hampir langit pecah kerena ucapan itu dan bumi terbelah dan gunung-gunung runtuh, karena mereka mendakwahkan Allah yang Maha Pemurah mempunyai anak.” (QS. Maryam: 88-91)
Langit bumi dan gunung hampir pecah, terbelah dan runtuh gara-gara perkataan yang batil tersebut. Begitu ngerinya akibat perkataan mungkar yang terucap.
Orang yang lahirnya Islam juga bisa keluar dari keislamannya gegara kalimat yang diucapkan, meskipun hanya candaan. Kisah orang-orang munafik di Tabuk perlu menjadi pelajaran. Mereka berkata, “Aku tidak pernah melihat orang yang perutnya lebih besar (rakus terhadap makanan), lebih suka berbohong serta pengecut ketika bertemu musuh dalam perang dari pada ahli qiro’ah kami (yang dimaksudkan adalah Nabi dan para sahabatnya).” Maka turunlah ayat,
Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan manjawab, “Sesungguhnya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja.” Katakanlah: “Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?” Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman.” (QS. At Taubah: 55-56)
Setiap perkataan ada yang mencatat dan tidak akan luput perhurufnya. Bila perkataannya jahat dan buruk maka bisa menghantarkan pelakunya ke jurang neraka. Bila perkataannya baik dan benar maka ia akan mendapat keridhaannya-Nya.
Wasiat Ketiga: Berputus asalah dari apa yang dimiliki manusia. Iffah (menjaga kehormatan), qonaah (menerima pemberian Allah), dan zuhud dari apa yang dimiliki manusia.
Seorang muslim harusnya berputus asa dari apa yang dimiliki manusia. Merasa tidak butuh terhadap apa yang dimiliki manusia. Hendaknya ia menggantungkan kebutuhan dan permintaannya hanya kepada Allah Azza wa Jalla.
Tak perlu iri dan berkecil hati bila melihat seseorang diberi kenikmatan yang lebih oleh Allah apalagi sampai meminta-minta.
Bila tidak meminta minta dan menjaga kehormatannya maka manusia akan mencintainya. Bila telah merasa cukup dengan pemberian Allah maka ia akan tercukupi dan merasa kaya. Bila jiwanya kaya dan terjaga kehormatannya maka ia hidup dengan mulia. (ar rislah )